Langsung ke konten utama

Cara setting karburator

Sering kali kendaraan sepeda motor kita mengalami gangguan yang rada menjengkelkan kita,,,kita kadang merasa sepeda motor kita terasa berat saat dibawa buwat gas kencang,,kemungkinan kecilnya adalah ada masalah pada karburator sepeda motor kita…untuk itu disini akan dijelaskan cara mudah seting karburator yang murah meriah adalah di seting sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. saya akan mencoba menjelaskan proses penyetelan karburator standart yang sangat mudah, tetapi lebih bagus kalau karburator di bersihkan dulu dan filter bensin serta filter udara juga ikutan di bersihkan supaya kotoran atau endapan yang ada didalamnya dapat di buang begitu juga dengan pilot dan main jet ikut bersihkan. Untuk pilot dan main jet kalo bisa di bersihkan dengan carburator cleaner supaya waktu lebih singkat tapi kalo gak punya ya… pake bensin aja ato pake tiner kalo punya. 
Setelah dibersihkan pasang kembali sparepart karburator ke posisi semula  dan tempatkan ke manifold dengan baik dan benar…. kalo tidak bisa terjadi kebocoran pada sambungan.

1. Putar ke kanan setelan angin sampai mentok kemudian putar balik ke kiri untuk motor bebek 1,4 –      1,5 putaran dan untuk motor sport sampe 2,5 putaran.

2. Setel gas untuk putaran 3000 – 5000 rpm

3. Hidupkan mesin……bremmm…bremmmm

4. Kemudian Setel baut angin sampai posisi suara mesin tertinggi atau suara knalpot tidak nembak walau sekecil apapun kira kira antara 1,4 – 1,6 putaran untuk motor bebek. untuk motor sport dari 2,4 – 2,6 putaran.

5. Jika sudah ketemu suara mesin tertinggi maka turunkan setelan baut gas hingga posisi idle atau gak matian…..(900 -1100 rpm)..

6. Lalu cek sekali dua kali untuk di gas…. bremmm…..bremmmm dan setelah posisi idle mesin gak mati …maka motor sudah enak di ajak jalan jalan dan mudah mudahan irit.

7. Kalau masih mati ulangi proses dari pertama biar puas…puas.

Tidak selamanya sepeda motor menunjukkan performa yang baik. Terkadang ada saja masalah yang ditemui. Apalagi kalau si pemilik malas membersihkan. Masalah yang sering timbul salah satunya adalah mesin yang tersendat ketika motor dikendarai. Kalau sudah begini, perasaan waswas kalau motor akan mogok di tengah jalan mungkin langsung menyergap.

Pasokan bahan bakar yang terlalu banyak bisa menjadi  penyebab utamanya. Hal ini karena karburator yang kotor menghambat proses di dalamnya. Padahal, untuk bisa menjamin performa mesin yang prima, salah satunya adalah dengan menjamin proses pengabutan di dalam karburator dengan sempurna.

Oleh karena itu, bersihkan bagian ini beserta dengan komponen-komponen pendukungnya secara berkala. Hal lain yang menyebabkan pasokan bahan bakar berlebih adalah penyetelan jarum skep yang terlalu tinggi, klep chock yang macet dan nozzle pilot jet yang tersumbat dan penyetelan sekrup angin yang tidak tepat.

Kotoran secara otomatis akan membuat mesin “pincang” atau bahkan tidak bisa dinyalakan sama sekali. Untuk itu perhatikan dengan seksama bagian-bagian tersebut dan pastikan setelannya sudah tepat. Jangan lupa untuk memeriksa kebersihan knalpot karena kotoran bisa menghambat gas buang dari ruang bakar mesin.

Hal lain yang menyebabkan mesin sepeda motor tersendat adalah busi yang sudah lemah. Kalau sudah begini, tak ada cara lain selain membeli busi baru yang cocok untuk motor. Dalam kondisi darurat, pembeli bisa mengatur jarak antar elektroda sehingga busi bisa memberi asupan listrik yang cukup untuk sementara.

Faktor terakhir yang membuat sepeda motor tersendat saat dikendarai adalah penyetelan pompa oli samping yang tidak tepat, sehingga pelumas yang disuplai ke mesin terlampau banyak. Pergi ke bengkel langganan untuk menyetel ulang pompa oli hingga mendapat ukuran yang pas…jadi selamat mencoba bro,,semoga performance tunggangan anda semakin nyaman dan sesuai yang anda inginkan

Postingan populer dari blog ini

Sparepart pengganti pulsar 135

Kampas Kopling Honda Tiger: 4-1. 4 besar & 1 kecil. Smua plat kopling asli PIES dipasang Semua kanvas kopling varian Honda C90-C100 (prima,grand,supra100,supra110,supra fit) semua varian CB/GL bisa digunakan.    Kawasaki ZX130. Kawasaki AR125 Rekomen punya AR125, desain untuk motor race. TVS Apache 1 set 250rb an,atau kawasaki KLX 150 Kabel Kopling Utuh 1 set Suzuki Shogun SP. Tinggal plek tp sdikit lbh panjang tdk masalah (cocok utk yg sdh ganti stang), Neo Honda AHM. Tinggal plek (pake stang Byson pas),atau bisa pakai yamaha vixion old bagi yg masih pakai stang standart Kawat Kopling | Isinya saja Kawat kopling Vespa diameter 2 mm. Bsa masuk & kuat tp sangat pnjng. Jgn lupa beli niple-nya. Murah meriah kisaran 8 rb. Per Kopling Honda Tiger. Diameter sama tp sdikit lbh pnjng. Handle rada keras tp akselerasi lbh cpt. Syng klo panas sk "dregdeg.." di gigi 1.  Alternatif: pk per kopling racing TRP (Tomat Racing ...

Daftar bengkel Pulsar indonesia

DKI JAKARTA ---JAKARTA PUSAT--- MASTER STATION Pasar Mobil Kemayoran, Blok Y 10. Kemayoran Service & Spareparts (021) 51196487, 0819 3238 0588 FONTANA GUNUNG SAHARI Jl.Gunung Sahari Raya no.12AB Service & Spareparts (021) 6394209 (021) 6597114 ---JAKARTA BARAT--- XO MOTOSHOP Jl.Panjang no 39,pos pengumben Service & Spareparts 0818 0757 4762 SINAR MAKMUR Kebon Jeruk III No. 42A Spareparts (021) 6249987 0811 1400 53 PRIMA WAHANA MOTOR PETA BARAT 12 G (DEPAN PERUM CITRA 7) Service & Spareparts 0858-8337-9912 PT. FONTANA PERKASA MOTOR (Dulu BAJAJ sekarang Kawasaki) JL. DAAN MOGOT NO. 105 JAKARTA BARAT Spareparts (021) 569 66 988, 083875730161 ---JAKARTA SELATAN--- EXIST AUTO TECH JL.RS.FATMAWATI NO.49 PONDOK LABU JAKARTA SELATAN Service & Spareparts 0812 9496 6433 0857 1993 3040 ABANG ADE MOTOR Jl. TB Simatupang N0. 5 Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa Service & Spareparts (021) 78841565 MJ MOTOR JL.SULTAN ISKANDAR MUDA NO 8 PONDOK INDAH Ser...