Langsung ke konten utama

Cara Merawat motor menurut para ahli

Haloo sobat, di postingan kali ini sya akan coba share cara merawat motor yang baik dan benar menurut para ahlinya. Langsung simak saja postingan dibawah.



1. Periksakan Busi Sepeda Motor
Busi sangat vital bagi kelancaran mesin motor, “Cek businya, seandainya masih layak pakai, dapat dipergunakan kembali. Tapi kalau sudah mencapai 12 ribu km, sebaiknya businya di ganti,” jelas Deny yang lulusan Sekolah teknik Mesin (STM).
Perhatikan pula keadaan kabel koil yang menghubungkan arus listrik ke busi, bila sudah cukup umur, terlihat ada retakkan dan pengerasan di kabel, sebaiknya segera diganti.

2. Cek Filter Karburator
Menurut Deny, filter karburator terbagi dua, yaitu jenis basah dan kering. Model filter basah, dibersihkan dengan menggunakan bensin lalu dilumasi oli setelahnya. “Umumnya motor keluaran tahun 1990-2000-an, menggunakan model filter basah seperti ini,” tambahnya.
Sedang motor keluaran tahun 2000 ke atas, biasanya menggunakan tipe kering. Cara perawatannya cukup mudah, yaitu tinggal disemprot dengan kompresor. “Tapi model ini juga memiliki kelemahan, yaitu wajib diganti setiap mencapai 25 ribu km dan tidak boleh terkena oli atau minyak,” papar pria berusia 23 tahun ini.
Filter oli pun harus diperhatikan, “Motor tahun 90-an tidak menggunakan filter oli, tetapi untuk jenis motor tahun 2000 ke atas, menggunakan filter oli dan wajib di ganti setiap kurang lebih 10 ribu km.”

3. Periksa Setelan Rantai dan Gir
Jangan biarkan rantai terlalu kendor atau terlalu kencang, “Bila rantainya kendor, cukup disetel. Tapi kalau kering, cukup diolesi dengan oli khusus rantai (chain lube). Biasanya, rantai harus diganti kalau sudah mencapai 25 ribu hingga 35 ribu km.”
Penghobi motor sejak SD ini, juga menyarankan Anda untuk tidak lupa memeriksa kondisi gir. “Jika sudah tajam, lekas ganti, karena kalau tidak rantai dapat putus secara tiba-tiba,” 
Khusus motor jenis Matic yang menggunakan V/Belt, rantainya tidak dapat disetel dan wajib diganti setiap 25 ribu km. Bila rantai dan gir sudah beres, sekalian periksa kampas rem depan dan belakang, ganti bila sudah terlihat menipis.

4. Membersihkan Karburator
Bersihkan bagian pilot dan main jet motor. Untuk menyetel angin motor tipe manual (buatan tahun 90 hingga 2000-an), tutup baut setelan angin dan buka perlahan berlawanan arah jarum jam, maksimal 1/2 putaran.
Untuk tipe Vakum, yaitu motor keluaran 2000 ke atas, juga sama yaitu dengan membersihkan pilot dan main jet. “Bedanya hanya disetelan angin, untuk tipe ini, maksimal putarannya 2 ½ berlawanan arah jarum jam,” paparnya. Untuk penyetelan klep motor 4 tak, adalah setiap 12 ribu hingga 18 ribu km.

5. Cek Kondisi Aki
Motor-motor buatan tahun 2000 ke atas, umumnya telah menggunakan jenis aki kering yang tak memerlukan perawatan khusus (non maintenance). “Tapi setiap tiga tahun, maksimal, wajib di ganti,” terang Deny.
“Sedangkan motor yang menggunakan aki basah, perlu di cek setiap 10 ribu km. Bila air akinya kering, segera diisi,” lanjutnya.
Ciri-ciri aki basah yang kondisi sudah lemah adalah, motor tidak mampu di starter. Deny tidak menyarankan untuk memaksa motor menyala dengan cara di dorong, karena ini dapat merusak gigi transmisi.
6. Panaskan Mesin Motor
Panaskan mesin motor sebelum dijalankan, tidak perlu lama-lama, cukup 1-2 menit saja. Fungsinya, agar sirkulasi oli dapat melumasi seluruh bagian dalam mesin yang bergerak. “Tidak perlu lama-lama memanaskannya, karena akan membuat pipa knalpot menguning.”

7. Gunakan Sparepart (Suku Cadang) Asli
Meski suku cadang asli sedikit lebih mahal, namun Anda akan merasa puas karena lebih tahan lama dan kualitasnya pun terjamin di banding yang palsu.
Selain beberapa hal di atas, Deny juga mengingatkan para bikers untuk selalu memeriksa tekanan ban Anda. “Tekanannya jangan terlalu keras dan jangan kurang, karena dapat mengakibatkan kembang banmotor menjadi rusak.”

Note:
Perawatan di atas sebenarnya dapat Anda lakukan sendiri, namun bila tak punya waktu atau kurang mengerti caranya, carilah bengkel tempat servis langganan atau yang dapat Anda percayai. Jika Anda bersahabat dan rajin merawat kendaraan, maka motor kesayangan Anda pun akan selalu tampil prima. 

Postingan populer dari blog ini

Sparepart pengganti pulsar 135

Kampas Kopling Honda Tiger: 4-1. 4 besar & 1 kecil. Smua plat kopling asli PIES dipasang Semua kanvas kopling varian Honda C90-C100 (prima,grand,supra100,supra110,supra fit) semua varian CB/GL bisa digunakan.    Kawasaki ZX130. Kawasaki AR125 Rekomen punya AR125, desain untuk motor race. TVS Apache 1 set 250rb an,atau kawasaki KLX 150 Kabel Kopling Utuh 1 set Suzuki Shogun SP. Tinggal plek tp sdikit lbh panjang tdk masalah (cocok utk yg sdh ganti stang), Neo Honda AHM. Tinggal plek (pake stang Byson pas),atau bisa pakai yamaha vixion old bagi yg masih pakai stang standart Kawat Kopling | Isinya saja Kawat kopling Vespa diameter 2 mm. Bsa masuk & kuat tp sangat pnjng. Jgn lupa beli niple-nya. Murah meriah kisaran 8 rb. Per Kopling Honda Tiger. Diameter sama tp sdikit lbh pnjng. Handle rada keras tp akselerasi lbh cpt. Syng klo panas sk "dregdeg.." di gigi 1.  Alternatif: pk per kopling racing TRP (Tomat Racing ...

Cara setting karburator

Sering kali kendaraan sepeda motor kita mengalami gangguan yang rada menjengkelkan kita,,,kita kadang merasa sepeda motor kita terasa berat saat dibawa buwat gas kencang,,kemungkinan kecilnya adalah ada masalah pada karburator sepeda motor kita…untuk itu disini akan dijelaskan cara mudah seting karburator yang murah meriah adalah di seting sendiri tanpa harus pergi ke bengkel. saya akan mencoba menjelaskan proses penyetelan karburator standart yang sangat mudah, tetapi lebih bagus kalau karburator di bersihkan dulu dan filter bensin serta filter udara juga ikutan di bersihkan supaya kotoran atau endapan yang ada didalamnya dapat di buang begitu juga dengan pilot dan main jet ikut bersihkan. Untuk pilot dan main jet kalo bisa di bersihkan dengan carburator cleaner supaya waktu lebih singkat tapi kalo gak punya ya… pake bensin aja ato pake tiner kalo punya.  Setelah dibersihkan pasang kembali sparepart karburator ke posisi semula  dan tempatkan ke manifold dengan baik dan be...

Daftar bengkel Pulsar indonesia

DKI JAKARTA ---JAKARTA PUSAT--- MASTER STATION Pasar Mobil Kemayoran, Blok Y 10. Kemayoran Service & Spareparts (021) 51196487, 0819 3238 0588 FONTANA GUNUNG SAHARI Jl.Gunung Sahari Raya no.12AB Service & Spareparts (021) 6394209 (021) 6597114 ---JAKARTA BARAT--- XO MOTOSHOP Jl.Panjang no 39,pos pengumben Service & Spareparts 0818 0757 4762 SINAR MAKMUR Kebon Jeruk III No. 42A Spareparts (021) 6249987 0811 1400 53 PRIMA WAHANA MOTOR PETA BARAT 12 G (DEPAN PERUM CITRA 7) Service & Spareparts 0858-8337-9912 PT. FONTANA PERKASA MOTOR (Dulu BAJAJ sekarang Kawasaki) JL. DAAN MOGOT NO. 105 JAKARTA BARAT Spareparts (021) 569 66 988, 083875730161 ---JAKARTA SELATAN--- EXIST AUTO TECH JL.RS.FATMAWATI NO.49 PONDOK LABU JAKARTA SELATAN Service & Spareparts 0812 9496 6433 0857 1993 3040 ABANG ADE MOTOR Jl. TB Simatupang N0. 5 Kel. Tanjung Barat, Kec. Jagakarsa Service & Spareparts (021) 78841565 MJ MOTOR JL.SULTAN ISKANDAR MUDA NO 8 PONDOK INDAH Ser...